III.1 |
Adanya Layanan Pengaduan bagi Masyarakat |
1 |
Prosedur baku penerimaan, penanganan dan tindaklanjut pengaduan |
2 |
Saluran penerimaan pengaduan (digital berupa Email/Website/media sosial dan konvensional) |
3 |
Publikasi prosedur baku dan saluran pengaduan |
4 |
Media informasi terkait prosedur dan saluran pengaduan |
|
|
|
|
III.2 |
Adanya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Layanan Pemerintah Desa |
1 |
Survey kepuasan berdasarkan pelayanan yang diberikan pemerintah desa kepada masyarakat |
2 |
Pelaksanaan Survey berdasarkan pada Pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat yang dikeluarkan oleh KemenPAN RB (PermenPAN RB No. 14 tahun 2017/yang berlaku). |
|
|
|
|
III.3 |
Adanya Keterbukaan dan Akses Masyarakat Desa terhadap Informasi layanan pemerintah desa (kesehatan, pendidikan, sosial, lingkungan, tramtibumlinmas, pekerjaan umum), Pembangunan, Kependudukan, Keuangan, dan Pelayanan lainnya. |
1 |
Informasi SPM sesuai dengan Permendagri No. 2 tahun 2017 |
2 |
Media Informasi (Poster, Banner, Media Sosial dan Website) |
|
|
|
|
III.4 |
Adanya Media Informasi tentang APBDes di Balai Desa dan/atau tempat lain yang mudah diakses oleh Masyarakat |
1 |
Baliho/Poster APBDES yang mencakup: |
a. Sumber pendapatan (DD, ADD, Pajak Retribusi, PAD, Hibah, Transfer dari APBD provinsi, kabupaten dan kota dll) |
b. Penetapan prioritas penggunaan Dana Desa sesuai Permendes PDTT No. 8 Tahun 2022 |
c. Alokasi belanja tiap bidang kewenangan |
d. Kontak aduan (konvensional dan digital) |
2 |
Lokasi pemasangan: |
a. Kantor Desa (baliho) |
b. Dusun (poster atau baliho) |
c. Website |
d. Media sosial |
e. lainnya |
|
|
|
|
III.5 |
Adanya Maklumat Pelayanan |
1 |
Isi Maklumat sesuai dengan PermenPAN RB yang berlaku |
2 |
Isi Maklumat pelayanan memuat minimal: |
a. Komitmen dari Aparat Desa |
b. Konsekuensi hukum |
c. Ditandatangani oleh Kepala Desa |
3 |
Maklumat Pelayanan Dicetak dengan minimal ukuran poster |
Lokasi Pemasangan: |
a. Di tempat pelayanan kantor desa dan dusun |
b. Di upload di Website dan media sosial |